Penyakit jamur kulit pada burung paruh bengkok

 

Penyakit jamur kulit pada burung paruh bengkok membuat burung mencabuti bulu hingga botak

 

PENYAKIT JAMUR KULIT PADA BURUNG PARUH BENGKOK


bulu berada pada kulit, selama kulit sehat bulu akan sehat.
penyebab burung kakaktua mencabuti bulunya, berdasarkan pengamatan di burung molu sy, pada permujaan kulit yg dicabuti bulu nya bermaslah.
masalahnya adalah ada 2 foktor.


1. faktor jamur yang berada pada kulit yang ditumbuhi bulu bulu halus dan bulu kasarnya. sehingga burung merasa gatal, krn jamur tbs berada pada pori pori tempat bertumbuhnya bulu sehingga dia mencabuti bulu nya.


2. faktor ketombe yang disebabkan oleh bekas sisa busah shampoo yg tidak bisa bersih saat yg melekat pada bulu bulu halus nya, saat pembilasan air.sehingga sisa busah shampoo menjadikan ketombe pada permujaan kulit burung dan burung je gatalan mancabuti bulunya.sebaiknya memandikan burung tidak menggunajan shampoo, krn bulu burung mengandung minyak sehingga kotoran tdk dpt melekat kuat pd bulu burung dan larut bl terkena air.
bl mau menggunakan shampoo hrs yg mempunyai PH rendah dan lebih rendah dari shampoo bayi unt PH nya, dikarnakan kulit burung sangat tipis .dan apa bila tdk cocok akan sangat menimbulkan IRITASI KULIT.

jalan pengobatan,
oleskan salep ketokonazole unt mrmbersihkan jamur atau ketombe disaat burung menggigiti bulu bulu halus, sebelum burung tersebut mencabuti bulunya lebih banyak lagi.
lakukan beberapa hari ssmpai kilit burung terlihat bersih dari jamur. dan jamur jamur rontok terlihat di kantai.

Faktor apa yang menyebabkan timbulnya spora jamur ?

timbulnya spora jamur biasanya disebabkan oleh adanya faktor kelembaban pada bulu bulu halus, terutama saat burung dimandikan dan bulu bulu halus tidak benar benar kering sehingga timbul spora jamur.

demikian sedikit masukan dari saya, semogah bermanfaat.

salam
web kesehatan burung paruh bengkok

Dibuat oleh ANTONIUS WIJAYA

gading serpong 21 mei 2020 jam 21:41

 

dilarang keras memindahkan artikel ini pada web lain tanpa izin penulis dan menhilanhkan nama penulis,apa bila terjadi pemindahan artikel ini harap tetap mempromosikan nama penulisnya terima kasih